Kuliah Kerja Mahasiswa Sukses Dengan Banyak Bertanya
Kuliah Kerja Mahasiswa Atau KKM merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus diikuti oleh setiap Mahasiswa semester 7. Program Kuliah Kerja Mahasiswa ini juga merupakan salah satu persyaratan untuk bisa mengikuti skripsi di semester 8. Kegiatan ini perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah Pengabdian Kepada Masyarakat. Disinilah pengetahuan dan pengalaman belajar selama semester 1 hingga 7 di implementasikan ke masyarakat.
Dalam kegiatan ini, Saya yang ketika itu menjadi Ketua KKM Kelompok 106 memang sangatlah sulit, terlebih kita disatukan dari berbagai Mahasiswa dari tiap fakultas yang berbeda. Menyatukan pemikiran masing-masing anggota KKM yang berbeda juga sangatlah sulit, sehingga diperlukan waktu yang lama untuk bisa menyatukan pemikiran. Pada saat Pra KKM waktu dimana kita menyusun semua Program Kerja yang akan kami laksanakan di hari H KKM. Dalam menyusun Program Kerja KKM kami terlebih dahulu mendatangi lokasi dan bertanya kebeberapa masyarakat dan Aparatur Desa untuk di mintai keterangan mengenai permasalah Desa.
Bertanya, salah satu metode efektif yang kami gunakan pada saat menggali informasi terkait dengan potensi Desa kepada Aparatur Desa, Pemuda Desa Serta Masyarakat sekitar, Disamping bertanya. Ternyata manfaat dari bertanya juga mampu membangun talisilaturahmi kami (Peserta KKM) dan juga warga desa menjadi lebih cepat kenal satu sama lain. Sehingga manfaat bertanya yang kami rasakan tidak hanya sekedar tegur sapa atau menggali informasi saja melainkan mampu mendekatkan kami dengan masyarakat Desa secara tidak langsung.
Bertanya, salah satu metode efektif yang kami gunakan pada saat menggali informasi terkait dengan potensi Desa kepada Aparatur Desa, Pemuda Desa Serta Masyarakat sekitar, Disamping bertanya. Ternyata manfaat dari bertanya juga mampu membangun talisilaturahmi kami (Peserta KKM) dan juga warga desa menjadi lebih cepat kenal satu sama lain. Sehingga manfaat bertanya yang kami rasakan tidak hanya sekedar tegur sapa atau menggali informasi saja melainkan mampu mendekatkan kami dengan masyarakat Desa secara tidak langsung.
Dari hasil bertanya yang telah kami lakukan maka di dapatlah beberapa informasi penting untuk kami konsep dan di sinkronkan dengan program kerja kami. Pendidikan dan tidak adanya Bak Sampah yang mampu menampung sampah masyarakat Desa adalah permasalahan krusial yang terjadi di Desa Kasunyatann Kecamatan Kasemen (Tempat Kami Tinggal Untuk KKM) dan total program kerja kami sebanyak 8 program di gabungkan dengan program kerja kami setelah di konsep dengan matang sebagai berikut :
- Membuka Bimbel Gratis
- Ikut Mengajar Di Madrasah dan PAUD
- Membuat Bak Sampah dengan ukuran yang cukup besar
- Membuat Pupuk Organik yang murah dan berkualitas sebagai pengganti pupuk (Mahal).
- Membuat Plang Desa.
- Kerja Bakti
- Kegiatan 17 Agustus
- Literasi Media
Dari pengalaman saya diatas bersama rekan-rekan kelompok tentang KKM tidak lepas dari bertanya, tanpa bertanya tidak akan sukses dalam menjalankan KKM. Karena dari bertanya kami bisa tahu tentang informasi penting yang juga bermanfaat untuk kami. Awalnya untuk bertanya kepada masyarakat sekitar saya sangat malu, terlebih orang yang harus ditanya bukanlah orang yang saya kenal. Namun kalau bertanya saja malu bagaimana dengan program kerja kami? tentu tidak akan berjalan dengan sukses. maka dari itu saya memaksakan diri saya untuk mau bertanya.
Mau bertanya biar enggak sesat di jalan, beberapa kata yang memiliki makna luar biasa. Melalui bertanya kita menjadi tahu jawaban apa yang masih menjadi keragu-raguan kita selama ini. Berkat bertanya, Kuliah Kerja Mahasiswa kami berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan #SuksesKKM106, Terbukti ketika acara penutupan program kerja kami diakhir bulan Agustus Tahun lalu, ada sesi dimana kita satu kelompok bersalam-salamanan dengan warga yang hadir di malam akhir KKM sebagai tanda terimakasih dan juga minta maaf kami ke beberapa warga Desa. Suasana bahagia seketika menjadi haru, warga sekitar pun sebagian ada yang berkata "Jangan pergi dulu, ibu masih kangen sama kakak KKM". Kalau ingat-ingat masa itu memang sangat luar biasa #SuksesKKM106. Berawal dari bertanya, interaksi satu sama lain terjalinlah tali persaudaraan yang erat.
Mau bertanya biar enggak sesat di jalan, beberapa kata yang memiliki makna luar biasa. Melalui bertanya kita menjadi tahu jawaban apa yang masih menjadi keragu-raguan kita selama ini. Berkat bertanya, Kuliah Kerja Mahasiswa kami berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan #SuksesKKM106, Terbukti ketika acara penutupan program kerja kami diakhir bulan Agustus Tahun lalu, ada sesi dimana kita satu kelompok bersalam-salamanan dengan warga yang hadir di malam akhir KKM sebagai tanda terimakasih dan juga minta maaf kami ke beberapa warga Desa. Suasana bahagia seketika menjadi haru, warga sekitar pun sebagian ada yang berkata "Jangan pergi dulu, ibu masih kangen sama kakak KKM". Kalau ingat-ingat masa itu memang sangat luar biasa #SuksesKKM106. Berawal dari bertanya, interaksi satu sama lain terjalinlah tali persaudaraan yang erat.
Dahulu saya tidak pernah mampir atau sekedar melihat kegiatan kelurahan itu seperti apa, bahkan bertanya kepada pihak kelurahan pun tidak pernah. baik itu ke Staf kelurahan, Sekertaris dan Bapak Luarhannya pun saya tidak pernah. KKM mengajarkan saya untuk berani bertanya, terlebih posisi saya dalam kelompok adalah Ketua, mau tak mau harus berani bertanya tanpa malu dan ragu. Pengalaman yang belum pernah sekalipun saya lakukan akhirnya saya lakukan untuk pertama kalinya pada saat KKM. Selama 30 hari KKM kelompok kami berlangsung, Alhamdulillah di Apresiasi dengan baik oleh Aparatur Desa dan Masyarakat Sekitar, karena kelompok kami di anggap mampu membantu kinerja Aparatur Desa dan mewakili program keluarahan untuk warga menjadi terlaksana.
Berbicara tentang "Bertanya enggak sesat dijalan" ada kaitannya juga dengan BNI 46 yang saat ini memberikan Inovasi baru kepada nasabahnya untuk mempermudah nasabah mengetahui informasi terbaru dari BNI dan promo yang saat ini sedang ditawarkan BNI untuk para nasabahnya dengan cara #AskBNI melalui Twitter. Ini adalah Inovasi yang kreatif dari BNI karena dengan cara seperti ini nasabah akan sangat mudah mencari informasi terkait promosi yang ditawarkan oleh BNI untuk Nasabah. Cek disini untuk tahu caranya bagaimana :
Perlu kawan-kawan tahu bahwa saat ini nasabah muda yang tergolong pada Generasi Y (Gen Y) telah memiliki 8,6 Juta Nasabah Muda dan berpotensi menambah 7,5 Juta Nasabah muda melalui peluncuran hastag tersebut. Dengan adanya hastag #AskBNI di twitter BNI dengan Inovasi barunya menurut saya sangat efektif, apalagi Inovasi ini memang bertujuan untuk menambah nasabah muda menjadi nasabah BNI baru, ada kemungkinan nasabah muda yang baru akan semakin meningkat tiap bulannya untuk menjadi nasabah BNI. Mengapa saya katakan seperti itu karena Seperti kita tahu bahwa sebagian besar pengguna twitter di Indonesia adalah kaula muda, sehingga sangat tepat sekali bila BNI melakukan Inovasi seperti ini di Media Sosial.
Semoga bermanfaat informasi yang saya sampaikan dan Terimakasih.
Semoga bermanfaat informasi yang saya sampaikan dan Terimakasih.
Saya Nasabah BNI ^^ |
keren artikelnya gan.
ReplyDeleteditunggu kunjungan baliknya
http://feridi.blog.upi.edu/2015/12/29/malu-bertanya-sesat-di-jalan-mau-bertanya-hanya-di-askbni-yang-menjawab/
Terimakasih atas kunjungannya...
DeleteMenarik banget gan, Jadi inget sama KKM gua waktu itu...
ReplyDeleteBertanya, memang kunci sukses KKM bener banget :)
Nice Artikel.
Terimakasih kunjungannya buat Alfian hamidi, Iya pada saat KKM harusnya selalu bertanya mengingat kita (Mahasiswa) sebagai orang baru di Desa orang jadi harus bertanya dan terus bersosialisasi dengan warga sekitar.
DeleteProgresif trus min blog nya caaem banget, mana lagi ini bagus wat mahasiswa semerter bawah yg msh byk bertanya2 (awam) mengenai KKM pastinya.
ReplyDeleteTerimakasih Fieman Hadait atas kunjungannya.
DeleteIya betul, Semoga adik-adik tingkat baca ini postingan biar di implementasikan juga ketika nanti KKM.
Pengalaman yang menarik. Suka banget sama kata-kata Berawal dari bertanya, interaksi dan bisa mengikat tali persaudaraan menjadi erat itu bener sekali. Aku ngalamin sendiri.
ReplyDeleteMantap, Lanjutkan...
Terimakasih Kunjungannya Mba. iya mba khusus pengalaman saya pada saat KKM memang bertanya tidak hanya sekedar bertanya, tapi ada manfaat lain juga sebagaimana saya sudah jelaskan diatas.
DeleteWah tentang KKM yah gan sama persis dengan gue yang ketika itu menjalani KKM. Malu banget buat tanya2. tapi kita sepakatan buat gak malu sama bertanya, karena kalo malu, bener kata agan. gak akan sukses. Postingannya Bagus gan menarik. Sukses terus...
ReplyDeleteTerimakasih atas kunjungannya gan. Rata-rata seperti itu gan awal-awal kkm pasti pada malu untuk bertanya, sama dengan kelompok kkm saya ketika itu. tapi kita sepakat untuk enggk malu dan harus berani bertanya demi suksesnya bertanya.
Deletememang #AskBNI juara deh (y) nice post :)
ReplyDeletehttp://handini.blog.upi.edu/2016/01/01/mau-bertanya-jangan-malu-malu-askbni-akan-menjawab/
Terimakasih sudah berkunjung di blog saya ^^
DeleteIntinya pada setiap kkm perlu yg namanya mengabdi pada masyarakat, kkm bukan hanya sekedar tinggal di satu desa sampai waktu yg ditentukan, tapi bagaimana mengisi waktu tersebut sehingga kita dapat berkontribusi banyak kepada masyarakat nya. Btw nice post gan!
ReplyDeleteTerimakasih mas sebelumnya sudah berkunjung di blog saya.
DeleteYap, pernyataan Anda bagus tujuan kita sebagai mahasiswa yang KKM adalah berkontribusi untuk Desa. ^^
Bagus artikelnya, sangat menarik isinya dan design blognya :)
ReplyDeletehttp://widyachopiees.blogspot.co.id/2016/02/selangkah-jauh-lebih-maju-dengan-mau.html
Terimakasih sudah berkunjung di blog saya...
Deleteaminn semoga bermanfaat untuk kita semua :-)
ReplyDeleteAamin...
DeleteTerimakasih kunjungannya :)
Wih, keren nih si araf, pengabdian masyarakatnya sampe sebulan. Gue juga pernah raf, seminggu di desa Ciboleger, ngajar, kerja bakti, benerin fasilitas sekolah sesuai kemampuan kita, sama donasi. Pas awal-awal emang gitu raf, masih malu tapi begitu udah dijalanin, kerasa enjoy aja, dan nggak kerasa bakalan udahan, rasanya berat buat ninggalin tempat itu, iya kan?
ReplyDeleteSemoga apa yang tim KKM 106 lakukan di desa itu, bisa bermanfaat buat masyarakat desa dan kalian juga ya.
Oh iya, raf, maen dong ke blog gue ya, follow juga ya. :)
Yap, betul sekali sesulit apapun kalau di jalani Insyallah akan mudah. Pengalaman KKM kebanyakan seperti itu malu bertanya, tapi mau gimana pun juga kita tak bisa hindari bertanya.
DeleteTrmksh kunjungannya :)
Nice artikel! Semoga sukses :)
ReplyDeleteTerimakasih...
DeleteAamin, Semoga Anda juga sukses.
aje gile... keren nih pengalamannya mas Bhro. jadi ngiri Ane
ReplyDeletejadi emang bener ya kalau kita berani bertanya pasti bakalan dipermudah :D
dan yang asyik sekarang BNI juga udah mendukung kita untuk mudah bertanya dengan layanan #AskBNI yang keren
nais post Bhro :D
salam bloggerhoki
Terimakasih sudah berkunjung mas.
DeleteYap betul, Dengan adanya #AskBNI via DM Twitter (Direct Message) mempermudahkan kita untuk mencari informasi terkait apa yang ingin kita inginkan. Saya Nasabah BNI pun sangat di mudahkan dengan kehadiran #AskBNI ini jadi memperoleh Informasi sangat gampang. Dan gak malu lagi pastinya...
Pengalamannya menarik. tanpa bertanya semuanya akan sia-sia. dan sebaliknya dengan banyak bertanya apapun yang akan dilakukan akan berhasil. Nice Post Gan!
ReplyDeleteTerimakasih Nita Wahyuni atas komentarnya. (y)
Delete